Nintendo DS atau PlayStation Portable?

Beberapa minggu lalu, seorang teman meminjamkan Nintendo DS (NDS) kepada saya. Walaupun jumlah game yang ada pada kartu memori NDS tersebut tergolong sedikit (3-5 game) karena keterbatasan kapasitas kartu memorinya (256 MB), tetapi beberapa game tersebut menurut saya sudah cukup adiktif. Beberapa game yang saya coba, antara lain: serial Phoenix Wright, Cooking Mama, Brain Age, dan WarioWare. Saya merasa fitur touchscreen yang diusung oleh NDS sangat menarik dan banyak sekali game yang memakai fitur tersebut untuk membuat permainan menjadi lebih interaktif.

Tetapi ada 1 hal yang membuat saya enggan untuk membeli Nintendo DS, yaitu sudah ada emulator untuk Nintendo DS, seperti No$GBA dan iDeaS yang sudah memiliki kompatibilitas game yang cukup baik, walaupun masih agak lambat. Saya sudah mencoba beberapa game dengan emulator tersebut dan semuanya berjalan dengan cukup baik.

Setelah membaca berita game beberapa minggu terakhir, ternyata ada beberapa game pada PlayStation Portable (PSP) yang cukup menarik, sebut saja: Final Fantasy Tactics remake, Final Fantasy: Dissidia, Star Ocean remake, Star Ocean: 2nd Story remake, Tales of Destiny 2 remake, dll. Selain itu, dengan dirilisnya PSP Lite yang memiliki fitur-fitur yang cukup menggiurkan, seperti: TV-Out, WiFi, layar widescreen, kualitas visual yang sedikit di bawah PlayStation 2, serta kemampuan memutar video yang dikompresi dengan H264, dll.

Hmm … jadi yang mana sebaiknya saya beli? Saya sudah membeli PSP pada pertengahan bulan Februari 2008 lalu. ^^

Tentang animaster

A Nendoroid collector who likes to blog about Nendoroid and take photos of Nendoroid. Works as a freelance web programmer.
Pos ini dipublikasikan di Gaming, Self dan tag , , . Tandai permalink.

36 Balasan ke Nintendo DS atau PlayStation Portable?

  1. anshar berkata:

    Menurut gw sih bagusan nds,coz game psp tuh cuma remakenya ps2 aja,jd nya gak bervariasi n ngebosenin

  2. anshar berkata:

    Menurut gw sih bagusan nds,coz game psp tuh cuma remakenya ps2 aja,jd nya gak bervariasi n ngebosenin

  3. animaster berkata:

    @anshar
    Kalau menurut saya, kata yang tepat untuk mendeskripsikan PSP adalah “serious” dan NDS adalah “fun”. Saya sudah pernah memainkan keduanya, dan menurut saya, PSP lebih ditujukan bagi para penggemar game yg serius, sedangkan NDS lebih ditujukan bagi penggemar game yang butuh refreshing. In fact, both consoles have their own merits. ^^

  4. animaster berkata:

    @anshar
    Kalau menurut saya, kata yang tepat untuk mendeskripsikan PSP adalah “serious” dan NDS adalah “fun”. Saya sudah pernah memainkan keduanya, dan menurut saya, PSP lebih ditujukan bagi para penggemar game yg serius, sedangkan NDS lebih ditujukan bagi penggemar game yang butuh refreshing. In fact, both consoles have their own merits. ^^

  5. odapiss berkata:

    wahhhh…. aku sih nggak bakalan kuat beli keduanya….
    PSX aja maen di rumah temen…..
    hiks…3x

  6. odapiss berkata:

    wahhhh…. aku sih nggak bakalan kuat beli keduanya….
    PSX aja maen di rumah temen…..
    hiks…3x

  7. Suri berkata:

    Pak saya lg bingung nih antara PS3, PSP ama Ndsi.
    Jujur sih handheld terakhir yg gw beli itu GBA.
    KIra2 klo beli PS3 gimn? sebab ada yg biLang enakan ambil PSP ama Ndsi dolo aja. Ntar klo udah rame br beli PS3.
    Gimn yah?
    Saya cm boleh beli 2 macem.,

  8. Suri berkata:

    Pak saya lg bingung nih antara PS3, PSP ama Ndsi.
    Jujur sih handheld terakhir yg gw beli itu GBA.
    KIra2 klo beli PS3 gimn? sebab ada yg biLang enakan ambil PSP ama Ndsi dolo aja. Ntar klo udah rame br beli PS3.
    Gimn yah?
    Saya cm boleh beli 2 macem.,

  9. animaster berkata:

    @Suri
    Menurut saya, lebih baik anda menunggu: DSi dan PSP-3000 dirilis dan bisa memainkan game b*j*k*n, atau saat PS3 sudah masuk ke kisaran harga “terjangkau” dan bisa memainkan game b*j*k*n. ^^

    Tetapi kalau anda tetap ngotot ingin membeli, saran saya sih DSi dan PSP-3000, karena kemampuan memainkan game b*j*k*n biasanya hanya memerlukan update firmware pada konsol, tidak seperti PS3 yang seharusnya butuh pemasangan chip dll yang lebih merepotkan.

    Keputusan tetap di tangan anda. ^^

  10. animaster berkata:

    @Suri
    Menurut saya, lebih baik anda menunggu: DSi dan PSP-3000 dirilis dan bisa memainkan game b*j*k*n, atau saat PS3 sudah masuk ke kisaran harga “terjangkau” dan bisa memainkan game b*j*k*n. ^^

    Tetapi kalau anda tetap ngotot ingin membeli, saran saya sih DSi dan PSP-3000, karena kemampuan memainkan game b*j*k*n biasanya hanya memerlukan update firmware pada konsol, tidak seperti PS3 yang seharusnya butuh pemasangan chip dll yang lebih merepotkan.

    Keputusan tetap di tangan anda. ^^

  11. tow2 berkata:

    mau nanya deh sama animaster..
    klo animaster (secara pribadi yah) cuma punya budget untuk bli 1 console antara Nintendo DS sama PSP lebih pilih beli yang mana..ini besides PSP-3000 sama DS yg lagi mw kluar yah..

  12. tow2 berkata:

    mau nanya deh sama animaster..
    klo animaster (secara pribadi yah) cuma punya budget untuk bli 1 console antara Nintendo DS sama PSP lebih pilih beli yang mana..ini besides PSP-3000 sama DS yg lagi mw kluar yah..

  13. reefphien berkata:

    to the point aja yah,,
    kalo animaster hrs milih salah satu,,hrus milih NDSi ato PSP3000???

  14. reefphien berkata:

    to the point aja yah,,
    kalo animaster hrs milih salah satu,,hrus milih NDSi ato PSP3000???

  15. animaster berkata:

    @tow2 & reefphien
    Saya pribadi memilih PSP. Mengapa? Berikut adalah beberapa faktor yang membuat saya condong ke PSP:
    1. Koleksi game bermutu – khususnya RPG, walaupun jumlahnya tidak banyak
    2. Multi fungsi – gaming, surfing, multimedia (video, musik, gambar), RSS, Skype
    2. Konektivitas dengan perangkat lain – Wi-Fi, USB, Memory Stick
    3. Update firmware mudah – menggunakan “Network Update”
    4. Spesifikasi hardware cukup tinggi
    5. TV-Out – memutar video dan memainkan game pada layar TV

  16. animaster berkata:

    @tow2 & reefphien
    Saya pribadi memilih PSP. Mengapa? Berikut adalah beberapa faktor yang membuat saya condong ke PSP:
    1. Koleksi game bermutu – khususnya RPG, walaupun jumlahnya tidak banyak
    2. Multi fungsi – gaming, surfing, multimedia (video, musik, gambar), RSS, Skype
    2. Konektivitas dengan perangkat lain – Wi-Fi, USB, Memory Stick
    3. Update firmware mudah – menggunakan “Network Update”
    4. Spesifikasi hardware cukup tinggi
    5. TV-Out – memutar video dan memainkan game pada layar TV

  17. tow2 berkata:

    @animaster
    setuju banget deh sama animaster..saya lebih condong ke alasan no 2 dan 3 untuk memilih PSP (disamping memang gamenya ok)

  18. tow2 berkata:

    @animaster
    setuju banget deh sama animaster..saya lebih condong ke alasan no 2 dan 3 untuk memilih PSP (disamping memang gamenya ok)

  19. kebo berkata:

    Gw bingung, dari dulu banyak yang koar2 mengenai antara game “serious” dan “fun”. Coba deskripsiin dong, game yang “serious” itu game yg kayak gimana ya? Belakangan sering muncul istilah “saya adalah seorang gamer”. Apa skrg game udah jadi profesi? Atau sekadar pelarian karena ngga punya ketrampilan di bidang lain? LOL

    Game is only a game, dan semuanya memang ditujukan untuk FUN. Istilah game “serious” hanya ada bagi orang2 yang lagi mencari jati diri.

  20. kebo berkata:

    Gw bingung, dari dulu banyak yang koar2 mengenai antara game “serious” dan “fun”. Coba deskripsiin dong, game yang “serious” itu game yg kayak gimana ya? Belakangan sering muncul istilah “saya adalah seorang gamer”. Apa skrg game udah jadi profesi? Atau sekadar pelarian karena ngga punya ketrampilan di bidang lain? LOL

    Game is only a game, dan semuanya memang ditujukan untuk FUN. Istilah game “serious” hanya ada bagi orang2 yang lagi mencari jati diri.

  21. animaster berkata:

    @animaster
    Salam kenal. Maksud saya dengan game yang “serius” adalah game yang punya alur cerita cukup berat dan punya durasi permainan yang relatif lama. Dari sudut pandang saya, “Cooking Mama” adalah contoh game yang “just for fun” dan “Final Fantasy” adalah contoh game “serius”. No offense, itu hanya pandangan saya pribadi. ^^

  22. animaster berkata:

    @animaster
    Salam kenal. Maksud saya dengan game yang “serius” adalah game yang punya alur cerita cukup berat dan punya durasi permainan yang relatif lama. Dari sudut pandang saya, “Cooking Mama” adalah contoh game yang “just for fun” dan “Final Fantasy” adalah contoh game “serius”. No offense, itu hanya pandangan saya pribadi. ^^

  23. Rommy berkata:

    Salam kenal. Wah setuju banget nih sama om animaster, saya jg sempat dilema saat memilih NDS dgn PSP (utk anak laki2 saya), akhirnya stl dibandingkan ‘tongkrongan’ dan tampilan game nya, saya tertambat di PSP. Dan memang sptnya PSP lebih utk game serius dgn tampilan mendekati asli, sedangkan NDS utk fun, inovativ mengingat lebih banyak bertokoh kartun. Mohon maaf kl subjectif. Tp utk anak saya yg satu lagi, saya rencana mau membelikan NDSi (masa beli 2 PSP sih), tapi koq sptnya blm ada di pasaran ya?

  24. Rommy berkata:

    Salam kenal. Wah setuju banget nih sama om animaster, saya jg sempat dilema saat memilih NDS dgn PSP (utk anak laki2 saya), akhirnya stl dibandingkan ‘tongkrongan’ dan tampilan game nya, saya tertambat di PSP. Dan memang sptnya PSP lebih utk game serius dgn tampilan mendekati asli, sedangkan NDS utk fun, inovativ mengingat lebih banyak bertokoh kartun. Mohon maaf kl subjectif. Tp utk anak saya yg satu lagi, saya rencana mau membelikan NDSi (masa beli 2 PSP sih), tapi koq sptnya blm ada di pasaran ya?

  25. animaster berkata:

    @Rommy
    Salam kenal juga. DSi sudah beredar di pasaran, namun hingga saat ini belum dapat memainkan game b*j*k*n. ^^

  26. animaster berkata:

    @Rommy
    Salam kenal juga. DSi sudah beredar di pasaran, namun hingga saat ini belum dapat memainkan game b*j*k*n. ^^

  27. Nisrina berkata:

    mau nanya,
    saya mau beli dsi tapi ga tau mau beli dimana??
    Trus,
    dsi pas keluar cuma punya dua warna ya…?

  28. Nisrina berkata:

    mau nanya,
    saya mau beli dsi tapi ga tau mau beli dimana??
    Trus,
    dsi pas keluar cuma punya dua warna ya…?

  29. animaster berkata:

    @Nisrina
    Salam kenal. Ya, DSi sampai saat ini hanya punya 2 pilihan warna: hitam dan putih. Tentang tempat beli DSi … saya kurang tahu. Mungkin ada yang bisa membantu? ^^

  30. animaster berkata:

    @Nisrina
    Salam kenal. Ya, DSi sampai saat ini hanya punya 2 pilihan warna: hitam dan putih. Tentang tempat beli DSi … saya kurang tahu. Mungkin ada yang bisa membantu? ^^

  31. orangtangkas9 berkata:

    weleh2 weleh asyik juga
    sayang ga kuat beli, dirumah pun cuma ada sega mega drive 16-bit (main sonic doang)

  32. orangtangkas9 berkata:

    weleh2 weleh asyik juga
    sayang ga kuat beli, dirumah pun cuma ada sega mega drive 16-bit (main sonic doang)

  33. mastercard berkata:

    22nya tak dapat dipisahkan.. hehehe..

  34. mastercard berkata:

    22nya tak dapat dipisahkan.. hehehe..

  35. Suparno berkata:

    wakakaka… beli PSP gendut yak ^_^

  36. Suparno berkata:

    wakakaka… beli PSP gendut yak ^_^

Tinggalkan Balasan

