Cara Upgrade Firmware iPhone ke iOS 4.0

Proses upgrade ke iOS 4.0 melalui iTunes

Proses upgrade ke iOS 4.0 melalui iTunes

Setelah cukup lama bertahan pada firmware versi 3.1.3, akhirnya Apple merilis firmware terbaru untuk iPhone dan iPod Touch, yaitu iOS 4.0 kemarin. Apa saja fitur baru pada firmware baru ini? Bagaimana cara melakukan upgrade ke iOS 4.0?

Update: Solusi error #3194 pada saat upgrade ke iOS 4.0.x via iTunes

Sebelum anda melakukan upgrade firmware iPhone anda ke iOS 4.0, ada baiknya anda baca dulu “keuntungan” dan “kerugiannya”.

Wallpaper dan Folder pada Home Screen

Wallpaper dan Folder pada Home Screen

Keuntungan/Fitur iOS 4.0

Apple mengklaim ada lebih dari 100 fitur baru pada iOS 4.0. Beberapa di antaranya yang cukup menarik antara lain:

  • Multitasking – kini kita bisa “berpindah” dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya dengan cepat, tanpa perlu kuatir dengan penurunan kinerja maupun pemborosan baterai (karena menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan)
  • Folders – beberapa (ikon) aplikasi bisa kita kelompokkan ke dalam sebuah “folder” sehingga Home Screen kita bisa lebih rapi; contohnya aplikasi Facebook dan Yahoo Messenger bisa dikelompokkan ke folder “Social Networking”
  • Update pada Mail:
    • Inbox gabungan – bisa membaca/menelusuri e-mail langsung dari semua akun
    • Bisa membuka attachment dengan aplikasi lain
    • E-mail ditampilkan dengan gaya “thread” (seperti pada Gmail)
  • Update pada Messages:
    • Indikator jumlah karakter saat membuat SMS/MMS
    • Pencarian SMS/MMS
  • Membuat Playlist baru dalam iPod
  • Update pada Camera:
    • 5x digital zoom
    • Sentuh layar untuk fokus pada mode perekaman video
    • Geo-tagging pada pengambilan foto maupun video
    • Faces – tag wajah pada foto, hanya kompatibel dengan iPhoto
  • Update pada Location Services:
    • Ikon Location Services pada Status Bar
    • Daftar aplikasi yang meminta Location Services dalam 24 jam terakhir
    • Location Services bisa diaktifkan atau dinonaktifkan pada aplikasi tertentu secara individual
  • Wallpaper pada Home Screen
  • Daya tahan baterai lebih baik
  • Persistent Wi-Fi – koneksi Wi-Fi bisa tetap aktif walaupun dalam kondisi “sleep” atau terkunci, agar tetap bisa menerima panggilan VoIP (misal: Skype) atau menerima notifikasi

Selengkapnya bisa anda lihat di situs resminya. Siap untuk melakukan upgrade? Tunggu dulu …. coba kita baca dulu apa konsekuensinya.

Kerugian/Konsekuensi Upgrade

Ya, mungkin “konsekuensi” ini beberapa ada yang bersifat opsional, namun tidak ada salahnya kita mengetahuinya lebih dulu khan?

  • Sampai artikel ini ditulis, belum ada jailbreak pada iOS 4.0 untuk iPhone 3GS. Saya sendiri kehilangan semua aplikasi yang saya instalasikan dari Cydia saat melakukan upgrade ke iOS 4.0. ^^;
  • Kalau iPhone anda adalah yang SU (Software-unlocked), maka anda harus siap kehilangan SU tersebut, dan iPhone anda akan “terkunci” pada provider/carrier tertentu. Hingga artikel ini ditulis, masih belum ada SU pada iOS 4.0.
  • Beberapa aplikasi ada yang masih belum ada kompatibel dengan iOS 4.0, jadi anda harus menunggu sampai ada update pada aplikasi tersebut.

OK, sudah siap dengan segala konsekuensinya? Silakan ikuti panduan berikut untuk mengupgrade firmware iPhone 3G/3GS atau iPod Touch anda ke iOS 4.0.

CATATAN: Saya tidak bertanggung jawab apabila terjadi kerusakan atau kehilangan data pada iPhone dan/atau iPod Touch anda.

Persyaratan

Perangkat yang kompatibel dengan iOS 4.0 adalah:

  • iPhone 3G dan 3GS
  • iPod Touch 2G dan 3G

Ada beberapa fitur pada iOS 4.0 yang tidak bisa jalan pada iPhone 3G dan iPod Touch 2G karena keterbatasan spesifikasi hardware pada kedua perangkat tersebut.

Selanjutnya, unduh dan instalasikan iTunes 9.2 pada sistem anda (Windows atau Mac OSX).

Setelah itu, unduh juga berkas firmware iOS 4.0 melalui tautan berikut: (pilih yang sesuai dengan perangkat anda, disarankan menggunakan aplikasi pengelola unduhan seperti FlashGet, IDM, atau Orbit pada Windows)

Setelah selesai mengunduh berkas firmware ini, kita lanjutkan ke langkah berikutnya.

Proses Update Firmware

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka iTunes 9.2 yang baru anda instalasikan.
  2. Tancap kabel data USB iPhone/iPod Touch anda ke PC/Mac
  3. Saat proses sinkronisasi berlangsung, mungkin akan muncul notifikasi untuk melakukan update ke iOS 4.0. Bila hal ini terjadi, tolak/batalkan notifikasi update tersebut.
  4. Klik pada perangkat anda di sebelah kiri layar dalam iTunes.
    Proses update ke iOS 4.0
  5. Tahan tombol Shift (pada Windows) atau Option (pada Mac) lalu klik “Check for Update” (atau “Update“), nanti akan muncul opsi untuk memilih berkas firmware.
  6. Pilih berkas firmware iOS 4.0 yang baru saja anda unduh (dengan ekstension .ipsw)
  7. Proses upgrade/update akan dimulai. Jangan lepas kabel USB dari iPhone/iPod Touch anda hingga prosesnya selesai. Silakan berdoa juga agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan (misal: listrik padam) saat proses ini berlangsung. ^^
  8. Selamat menikmati iOS 4.0!

Solusi Upgrade ke iOS 4 bagi yang mengalami Error #3194

Saya sendiri belum sempat mencoba langkah berikut, karena saya belum pernah mengalami error tersebut. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke “c:windowssystem32driversetc” (pada Windows) atau “/etc/” (pada Mac) lalu buka berkas ‘hosts’ menggunakan aplikasi penyunting teks (misalnya Notepad pada Windows atau TextMate pada Mac).
  2. Pada bagian akhir berkas ini (paling bawah), tambahkan baris baru dan masukkan tulisan “74.208.10.249 gs.apple.com” (tanpa tanda kutip). Setelah itu, simpan berkas ini melalui menu File | Save.
  3. Sekarang koneksikan iPhone/iPod Touch anda ke iTunes dalam mode recovery.
    Untuk melakukannya: matikan iPhone/iPod Touch anda, lalu tekan dan tahan tombol Home pada iPhone/iPod Touch dan pasang kabel USB ke PC. Setelah itu, iPhone/iPod Touch anda akan booting dan muncul tulisan “Connect to iTunes” pada layar. Sekarang anda bisa berhenti menekan tombol Home.
  4. Buka iTunes sekarang. Anda akan melihat iPhone/iPod Touch anda akan terdeteksi dalam mode recovery. Klik pada perangkat anda di sebelah kiri layar dalam iTunes.
    Proses update ke iOS 4.0
  5. Tahan tombol Shift (pada Windows) atau Option/Alt (pada Mac) lalu klik “Check for Update” (atau “Update“), nanti akan muncul opsi untuk memilih berkas firmware.
  6. Pilih berkas firmware iOS 4.0 yang baru saja anda unduh (dengan ekstension .ipsw).
  7. Proses upgrade/update akan dimulai. Jangan lepas kabel USB dari iPhone/iPod Touch anda hingga prosesnya selesai. Silakan berdoa juga agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan (misal: listrik padam) saat proses ini berlangsung. ^^
  8. Selamat menikmati iOS 4.0!

Apabila anda mengalami kesulitan atau ada yang kurang jelas dalam panduan ini, silakan tulis komentar anda di bawah. ^^

About these ads

Tentang animaster

A Nendoroid collector who likes to blog about Nendoroid and take photos of Nendoroid. Works as a freelance web programmer.
Tulisan ini dipublikasikan di Guide, Internet, Lifestyle, Linux, Mobile, Technology dan tag , , , . Tandai permalink.

118 Balasan ke Cara Upgrade Firmware iPhone ke iOS 4.0

  1. Bellamy_kid berkata:

    maaf kok itunes saya gak bisa munculin browse ipsw nya sihpadahal saya sudah hold shift button dan mengklik restore atau update tapi byang keluar malah notifikasi untuk update langsung dari situsnyajadi itunesnya download lewat situs langsungpadahal saya sudah punya firmwarenyamohon bantuan

  2. animaster berkata:

    iTunes versi berapa yang anda gunakan? Berapa versi firmware iPhone anda? Saya sendiri menggunakan firmware 3.1.2 saat menulis panduan upgrade ke iOS 4 ini. ^^

  3. Baby_lunax berkata:

    itouch saya rusak, harus di restore… kalo pake internet dari itunesnya sering gagal,jadi sy coba pake shift+restore… tp saat di restore itu kok sampe setengah aja ya? selanjutnya ndak proses… apa emang lama kalo di restore?

  4. Yan berkata:

    saya punya iPod Touch 2G dengan versi software 3.1.3 dengan mode “Manually manage music and videos”. apa dengan mengupdate iOS 4 secara shift + update akan menghapus semua audio/mp3 video/mp4 dan aplikasi yg ada?.

  5. animaster berkata:

    Mungkin anda bisa memberikan beberapa info mengenai iPod Touch anda, seperti:- Generasi/versi iPod Touch anda (2G atau 3G)- Versi firmware iPod Touch anda (3.1, 3.1.2, atau 3.1.3)- iTunes versi berapa yang anda gunakan (7.x, 8.x, atau 9.x – terbaru adalah 9.2)

  6. animaster berkata:

    iPhone 3GS saya sendiri menggunakan versi 3.1.2 dengan mode “Manually manage music and videos” pada iTunes 9.2. Tidak ada audio/mp3 maupun video/mp4/m4v yang terhapus saat saya melakukan update ke iOS 4.Untuk aplikasi, ada beberapa kemungkinan:(1) Aplikasi akan dihapus apabila sebelumnya diinstalasikan dengan cara “ilegal” (melalui Installous)(2) Aplikasi akan dihapus apabila aplikasi tersebut diinstalasikan melalui Cydia atau aplikasi lain semacamnya(3) Aplikasi tidak akan dihapus apabila sebelumnya diinstalasikan secara legal (melalui App Store atau iTunes)Semoga membantu. ^^

  7. Keygenferdian berkata:

    gan saya mau tanya saya udah donlot firmware ios04 untuk iphone 3g..tapinya ga ada ipsw nya …nah ini gmnaa??mohon pencerahannya

  8. animaster berkata:

    Apakah yang anda unduh tersebut bukan firmware iOS 4 (dengan ekstension .ipsw) untuk iPhone 3G? Maaf, saya agak bingung dengan pertanyaan anda. ^^;

  9. Teeo berkata:

    cara setting gprs im3 gmana y?q ud upgrade ke 4.0 tp gag ad settingan manual untuk operator nya mhon blsany thanks

  10. animaster berkata:

    Berikut langkah-langkahnya:1. Masuk ke Settings | General | Network | Cellular Data Network2. Isiannya:Cellular Data- APN: indosatgprs- Username: indosatgprs- Password: indosatgprs3. Kembali ke Network, aktifkan Cellular Data (ON)4. Silakan coba browsing via SafariSemoga membantu. ^^

  11. Teeo berkata:

    tapi di iphone sy tidak ad celluler data network sebelumnya memang sy pke versi 3.1.3 dan sy jailbrake ad tetapi stelah sy upgrade ke versi 4.0 celluler data netwokny gag ad haya ad enabel 3G,Celluler data,Data roaming,Vpn n Wifi semua opsi td cm ad tulisan on n off dan tidak ad tulisan celluler data network untuk mengedit settingan secara manual adakah solusi atau memang os 4.0 belum sempurna ya salah satu bugs nya ya hilangnya celluler data network??jadi tidak bsa browsing lewat iphone tercinta…hmm:(

  12. animaster berkata:

    Kemungkinan besar, iPhone anda merupakan versi Software Unlocked (SU), bukan Factory Unlocked (FU). “Unlocked” di sini maksudnya, iPhone anda seharusnya bisa digunakan dengan operator/provider apa pun dan bisa merubah SEMUA setting/konfigurasi jaringan secara manual.Beda antara SU dan FU:SU merupakan proses unlock yang dilakukan secara software, dan ini bisa hilang apabila anda melakukan upgrade firmware (lihat Konsekuensi Upgrade pada poin 2 di atas).FU merupakan proses unlock yang dilakukan secara hardware, dan tidak akan hilang walaupun anda upgrade/downgrade firmware.Beberapa solusi yang mungkin bisa anda lakukan:(1) Downgrade firmware ke 3.1.3 atau 3.1.2 dan lakukan jailbreak + software unlock secara manual; konsultasikan ke toko tempat anda membeli iPhone atau teknisi yang berpengalaman(2) Menunggu Software Unlock untuk iOS 4 – saya dengar kabar bahwa ada yang mengembangkan Software Unlock untuk iOS 4, jadi silakan sabar menunggu SU tersebut dirilis.

  13. Teeo berkata:

    Ok trims mkin akan sya coba untuk downgrade dlu..:) thank u..

  14. Rastiawaty Gunawan berkata:

    saya berhasil meng upgrade iPhone 3Gs saya ke iOS 4.0…..tetapi yg ada malah signal iPhone 3Gs saya malah hilang….searching melulu padahal sebelum meng upgrade iPhone 3Gs saya sangat kencang signal telepon selulernya yg bundling dgn telkomsel…..saya ingin kembali ke version 3.1.4, bagaimana caranya ya???toloooong…

  15. Anak Gahul berkata:

    tadi kan saya baru upgrade iOS 4.0 ipod 2G via Itunes terus pas abis di download malah gak bisa di restore. pas di cek di itunesnya di my device ternyata gak konek. pas dinyalain matiin tampilinnya sama dengan gambar “kabel usb menunjuk ke itunes” cara menormalkan kembali gimana? mohon bantuaan, makasih :)

  16. bima berkata:

    Cara ini berlaku untuk iphone SU atau FU gan? Mohon pencerahannya…

  17. animaster berkata:

    Saya kurang tahu juga tentang ini, karena saya sendiri tidak mengalami kejadian seperti itu. Untuk kembali ke versi 3.1.3 atau 3.1.2, saya sendiri kurang tahu cara detailnya, tapi mungkin kalau sebelum upgrade anda sudah backup di iTunes, anda bisa restore iPhone 3GS anda ke firmware sebelumnya.

  18. animaster berkata:

    Apakah anda mengunduh firmware tersebut melalui fungsi update firmware pada iTunes? Kemungkinan firmware yang anda unduh “corrupted”. Mungkin bisa anda bawa ke toko tempat anda membeli iPod Touch 2G tersebut atau ke Apple Authorized Service Center.

  19. animaster berkata:

    Kalau iPhone anda SU, maka kemungkinan besar anda akan kehilangan fitur “software unlock” tersebut setelah upgrade ke iOS 4. Sedangkan kalau iPhone anda FU, maka seharusnya tidak ada masalah apa-apa setelah upgrade ke iOS 4.

  20. Sukma berkata:

    Iphone 3G saya udah 3 kali coba di upgrade ke ios 4, cuma keliatannya stuck di backing up iphone… udah 1 jam baru jalan 2 bar, mohon pencerahan bro…thx

  21. animaster berkata:

    Setahu saya, proses backup ini makan waktu lama jika data dalam iPhone anda banyak. Anda bisa mengurangi waktu proses ini dengan cara memindahkan beberapa data (seperti foto) secara manual dari iPhone ke PC. Selain itu, anda juga bisa menghilangkan tanda centang pada “Encrypt iPhone backup” untuk mengurangi durasi proses backup. Semoga membantu.

  22. Billy Sorrenshen berkata:

    Mau tanya.. Iphone saya 3GS FU dgn F.W 3.13 keadaan sudah jailbreak.. Klo mau update IOS 4 apakah harus restore dulu atau lgsng menggunakan cara diatas tanpa harus meng “unjailbreak” terlebih dahulu??

  23. animaster berkata:

    Anda bisa langsung upgrade ke iOS 4. Tetapi perlu diperhatikan bahwajailbreak anda akan hilang dan semua aplikasi yang anda install denganCydia atau Installous juga akan hilang.

  24. Ale berkata:

    mas mau nanya donk ? aku da ikutin urutan upgarde seperti yg mas tulis tapi ko setelah extracting muncul tulisan “the phone could not be update….” iphone 3g 16g firmware 3.1.2 (7D11) mohon petunjuk….please kirimin aku email ke dameout1@gmail.com untuk pencerahannya…..terima kasih

  25. animaster berkata:

    Maaf, saya sendiri menggunakan iPhone 3GS, bukan 3G, jadi saya tidak tahumengenai masalah tersebut. Saya sempat mencari solusi untuk masalah anda inidi Google, dan saya menemukan artikel ini:http://www.tuaw.com/2010/06/21/ios-4-updating-w…Intinya, bila anda mengalami masalah “The phone could not be updated” padaiPhone 3G, anda harus melakukan “Full Backup” terlebih dahulu, lalu tahantombol ALT dan pilih “Restore” (bukan “Update”). Detailnya bisa anda lihatpada artikel tersebut dan komentar-komentar yang diberikan oleh penggunalain pada artikel tersebut. Semoga membantu. ^^

  26. tiwi berkata:

    Kenapa harus mendownload berkas firmware iOS 4.0? Kenapa tidak langsung dari Check for Updates-nya saja?

  27. Andi_thaurik berkata:

    sorry nih,, gw udah coba cara di atas..saat ini itunes gw sudah 9.1.2lalu iphone gw 3GS,saat proses “klik update” lalu akan muncul loading untuk extract software, lalu contacting apple, setelah itu tiba2 saja error occured..udah nunggu berjam2 cuma dapet begini hasilnya nih.. mohon pencerahannya?

  28. animaster berkata:

    “udah nunggu berjam2 cuma dapet begini hasilnya nih”Setahu saya, waktu dulu saya melakukan upgrade/update, saya hanyabutuh waktu sekitar 20 menit.Pada proses apa anda menunggu sampai berjam-jam?

  29. Ryan berkata:

    pada saat selesai dowmnload berkas untuk iPhone 3G kok gak file .ipsw nya???…
    bagaimana cara memperolehnya??….
    ryan_kudasai@yahoo.com
    makasih…

  30. Anonymous berkata:

    Jadi berkas yang anda unduh tersebut bukan .ipsw? Mungkin anda belum
    selesai mengunduhnya?

    — Sent from my iPhone

  31. Friendly berkata:

    Bro Charlie, salam kenal.. udah hampir putus cinta.. eh putus asa nih mau upgrade IOS 3.1.3 ipon ogut ke IOS 4.0 ga bisa2.
    Ipon ogut 3GS new botroom IOS 3.1.3 terjailbreak. Pas mau upgrade ke IOS 4.0 stlh si itun connect to apple server selalu muncul error 3194. Ogut udh coba klik shift+update, maupun shift+restore. Udah coba di mode normal, recovery mode, jg DFU mode…
    Bisa kasih pencerahannya Bro Charlie? Kl ada step by step bisa di e-mail ke friendlyfred@ymail.com untuk pencerahan ini?

    Thanks b4 Bro…

    • PLEASEHELP berkata:

      IA nih……….gw jg sama dari 3.1.3 ke ios4 ntr akhirnya eror 3194
      trus yg bos lbng suru edit hsotnya pk notepad ………ga bisa disave gimana coba? tlng bantuannya?? thx

  32. Friendly berkata:

    Bro Thauriq.. apakah error occured yg terjadi itu error 3194? Sebab yg terjadi di ogut jg spt itu.. Tp ogut ga nunggu sampe jam-jam gitu sih.. Bro Charlie any comment Bro..??

  33. Anonymous berkata:

    Sebelumnya, saya mohon maaf dulu, karena saya tidak memberikan jawaban via e-mail. ^^Pertama, saya perlu tahu sistem operasi apa yang anda gunakan dan iTunes versi berapa yang anda pakai untuk melakukan upgrade? Apakah berkas firmware iOS 4.0.x (4.0, 4.0.1 atau 4.0.2) sudah anda unduh?

  34. Anonymous berkata:

    Saya sudah meng-update artikel di atas. Silakan dicoba solusi untuk error-nya. Selamat mencoba. ^^

  35. Anonymous berkata:

    Saya sudah update artikel di atas. Silakan anda coba solusi tersebut. Semoga membantu. ^^

  36. Christian_luwuk berkata:

    bro sy baru aja upgrade iphone 3g sy ke OS 4.0…..n berhasil,,,,tapi gimana caranya ganti Wallpaper pada Home Screen…..????? thx so much

  37. Anonymous berkata:

    Masuk ke menu Settings | Wallpaper | Wallpaper, lalu pilih/sentuh gambar yang ingin dijadikan wallpaper, pilih Set | Set Home Screen. Semoga membantu. ^^

  38. Ice berkata:

    maaf gan ,,ane mo tanya,,,
    dah di ikutin buat nambah di hosts file,, tapi tetep error 3194,,,
    ane bingung,,kadang” lambang kabel trus tulisan itunes muncul saat minta restore. stelah beberapa kali restore gagal… gak keluar gambar sama sekali :(,,
    apakah ipod ane baik” saja ya gann???

  39. Rickysatrianto berkata:

    selamat siang
    mau tanya kalau saya pake iphone 3g mau update ke ios 4 fitur apa saja yang ga bisa ya di iphone saya?
    lalu apa akan ada masalah di wifi dan bluetooth kalau pakai ios 4?
    kalau untuk aplikasi yang belum ada tulisan ios 4 tested berarti belum bisa diinstall di ios 4?
    terima kasih

  40. Anonymous berkata:

    Beberapa fitur iOS 4 yang tidak ada pada iPhone 3G, antara lain:
    – Multitasking
    – Orientation Lock untuk “mengunci” accelerometer
    – Wallpaper pada Home Screen
    – Dukungan keyboard bluetooth

    Beberapa pengguna iPhone 3G yang menggunakan iOS 4 mengeluhkan tentang degradasi/penurunan performa (dengan kata lain: lebih lambat) pada firmware baru ini.

    Untuk aplikasi yang belum “iOS 4 tested” artinya aplikasi tersebut belum diuji pada iOS 4. Aplikasi tersebut bisa diinstalasikan pada iDevice berbasis iOS 4, namun ada kemungkinan aplikasi tersebut “crash” dan tidak berjalan dengan semestinya.

  41. Anonymous berkata:

    Saya sendiri kurang paham mengenai solusi masalah tersebut, karena saya sendiri tidak pernah mengalaminya. Anda bisa coba ke service center resmi Apple terdekat untuk memeriksa kondisi iPod Touch anda.

  42. Falcon berkata:

    Berhasil upgrade ke iOS 4.0…. Tips-nya untuk error #3194 sangat ampuh.
    iPod saya 3gen, os 3.1.2 (jailbreak Blackrain), upgrade ke iOS4 menggunakan iTunes 9.2. Terima kasih :)

  43. Marco berkata:

    Gan mau Tny nih Saya pada saat update malah keluar report
    “The Iphone cannot be updated at this time because the iphone spftware update server could not be contacted or is temporarily unavailable”

    minta solusi ny donx kalo bisa kirim email saya y?? blast_bloody@yahoo.com
    Thx gan

    • Anonymous berkata:

      Setahu saya, masalah tersebut terjadi karena ada aplikasi firewall atau semacamnya yang memblokir koneksi dari iTunes ke server Apple. Kemungkinan lainnya: anda sedang berada pada PC yang tidak memiliki koneksi internet.

  44. narchy berkata:

    Bro sya kena error 3194 jga tu,,
    kondisi ipone 3GS FU 16 GB uda ter JB pke spirit
    krang mau upgrade ke iOS 4.0 ato 4.0.1 ato terpaksa 4.0.2
    yang penting iOS 4.x bro
    sya udah cba caranya bro di atas tpi tetep gmw
    pnya solusi gx bro????
    mohon di bantu

    • Anonymous berkata:

      “sya udah cba caranya bro di atas tpi tetep gmw”
      Bisa anda jelaskan lebih lanjut mengenai hal ini? Pada bagian mana anda mengalami kesulitan?

  45. Ccc berkata:

    mau nanya dong saya udah mencoba yang instruksi kalau error tapi pas recovery mode ipod saya(3 gen) dibilang software nya udah update, saya pake itunes 10

    • Anonymous berkata:

      Panduan ini ditulis berdasarkan iTunes 9.2. Saya sendiri kurang tahu kalau
      menggunakan iTunes 10. Ada yang bisa membantu?

    • Iniarman berkata:

      saya pakai itouch 3rd gen 32GB. itunes 10. Saya udah download iOs4 nya tapi file nya .rar saya coba ganti .rar jadi .ipsw scara manual ne. Trus pas mau update dia error 3194 itu tuh…bener ga seh file iOs gw itu?udah coba donlod dari mana2 tapi ya itu file na semua .rar

      Terus yang soal notepad nya hosts itu tambahin satu line. kok ga bisa ya bro, dia ga mau save..udah coba file nya ga dibuat read only jg ga bisa…confuseeeee helpppp

  46. Segaramadakautsar berkata:

    tolongin ane dong
    ane kan mau install ios 4-nya,tapi waktu udah di klik ipsw-nya malah gabisa restore+ iphonenya cuma gambar usb sama itunes
    gimana dong,mohon pencerahan

    • Anonymous berkata:

      Pastikan bahwa:
      (1) Anda terkoneksi ke internet
      (2) File .ipsw anda tidak corrupt – kalau anda tidak yakin, coba unduh ulang
      (3) iTunes anda versi 9.2

      Semoga membantu.

  47. dechan berkata:

    mohon bantuannya…
    setelah saya upgrade OS 4.0
    i phone 3g saya tidak bisa conect ke Itunes…
    muncul tulisan
    “we could not complete your itunes store request. An unknown error occured (-9812)”

    • Anonymous berkata:

      Apakah iPhone 3G anda sudah berhasil di-upgrade ke iOS 4.0? Kalau
      benar demikian, pastikan:
      (1) PC anda terkoneksi ke internet
      (2) Anda menggunakan iTunes minimal versi 9.2

      Semoga membantu.

  48. Berry berkata:

    tengkyu brader,, iphone 3g gw udah gw upgread ke ios4.
    mksih tutorialnya.
    o’iya gw berniat mau menJAILBREAK iphone gw nih. yg udah ios4.
    uhhmm..
    ada ngak ya tutorialnya sehingga bisa membantu. proses tersebut. hhee :D
    sebelum dan sesudahnya terimakasih atas bantuannya.
    cheers brad..!!

    • Anonymous berkata:

      Selamat atas keberhasilan anda melakukan upgrade ke iOS 4.0.

      Untuk melakukan jailbreak pada iOS 4.0, silakan kunjungi situs http://jailbreakme.com dari Safari pada iPhone anda. Proses jailbreak akan dilakukan secara otomatis melalui situs tersebut.

      Saya sendiri belum men-jailbreak iPhone 3GS saya, namun saya pernah melihat teman saya yang berhasil melakukan jailbreak pada iPod Touch 3rd Gen dengan iOS 4.0. Semoga berhasil. ^^

  49. Arie_weerlicht berkata:

    mau nanya nih mass animaster …
    dibantu yak …!!
    kok muncul “firmware is not compitable” pas pilih berkas firmware iOS 4 ??
    apa downloadtanny rusak kali yh ??
    mohon pencerahanny ..
    salam kenal …

  50. Ndu_ndasetia berkata:

    saya punya masalah iphone saya….iphone saya iphone 8gb tpi versi nya saya ga tau soalnya iphone saya ke restore..skrg aktif tpi menunya tidak bisa di buka ada peringatan emergency call….tolong saya ya….

  51. Kere_mbelink2001 berkata:

    maap, tp klrx malah ERROR 3002#…gmn dunk..?

  52. Chello_raf berkata:

    mohon bantuannya bro…
    iPhone sy 3gs 32gb SU, iOS 3.1.3 mau upgrade ke iOS 4.0 caranya…???
    en apakah ‘da ada SU ntuk iOS 4.0…???
    THX B4…

  53. Roger berkata:

    halo bro salam kenal….
    setelah proses upgrade selesai ke iphone 3g ku?
    ko sidnyalnya ga nongol2 ya bro. tolong dibantu
    email: rogersamosir@gmail.com
    H P : 085275002222

    • Anonymous berkata:

      Saya rasa iPhone 3G anda menggunakan Software Unlock (bukan Factory Unlock),
      sehingga setelah upgrade ke iOS 4.0, Software Unlock pada iPhone 3G and

  54. Ririn Erlina berkata:

    gan gabisa upgrade os 4 ke iPhone 2G ya ?

  55. PLEASEANSWER berkata:

    wah…….iphone 3gs 3.1.3 gw upgrade ke ios 4.0
    uda ikutin langkah di atas eror 3194
    terus bos blgn edit host nya pk notepad ga bisa disave itu….gk bisa di save acces denied jadi gmna? tolong pencerahannya thxx

    • Anonymous berkata:

      Kalau anda pakai Windows Vista atau Windows 7, coba klik kanan pada
      file hosts itu dan pilih Open As Administrator atau Run As
      Administrator sebelum menyunting (edit) file tsb.

  56. Fri_forever berkata:

    Mohon bantuannya, iphone 3gs saya saat ini msh tidak bisa upgrade ke ios 4.1 karena selalu error #3194 padahal sudah menggunakan tutorial terbaru perihal mengatasi error 3194 diatas.

    Ada solusi lainnya kah?

    Terima kasih banyak atas bantuannya.
    Email : fri_forever@yahoo.com

    • Anonymous berkata:

      Coba update iTunes anda ke versi terbaru dan pastikan koneksi internet anda
      reliable saat proses upgrade/instalasi berlangsung.

    • Fri_forever berkata:

      Bos, saya sudah pakai itunes terupdate 10.1.1.4 masih juga error 3194 bos.
      Koneksi internet juga sepertinya oke bos.

      Ada kemungkinan lain kah?

      Thanks yach bos

    • Anonymous berkata:

      Setahu saya, error 3194 disebabkan karena iTunes gagal melakukan koneksi ke
      server Apple untuk validasi/aktivasi update firmware. Hal ini biasanya
      disebabkan karena:
      (1) Koneksi internet non-IIX (ke luar Indonesia) kurang baik
      (2) iTunes belum di-update

      Kalau ternyata anda sudah mengatasi kedua masalah tersebut dan masih terkena
      error 3194, mungkin anda bisa Googling untuk mencari artikel up-to-date
      mengenai error tersebut. Atau kalau anda masih sabar menunggu, dalam waktu
      dekat saya akan update firmware iPhone 3GS saya ke 4.3 dan saya akan menulis
      lagi panduannya. ^^

  57. Mufly berkata:

    maz saya pingin tanya,..saya kan punya iphon 3g 8Gb..tapi gak bisa di upgrade k ios4.0 ,..malah di tengah jalan saat proses tkakhir firm ware muncul error 1013..sudah coba cara eroor3194 uga kok mz..tapi masi tetep gtu…itunes sudah9.2,..
    mohon penjelasan y mz
    bantu saya ..thankzzzzz

  58. Rifal Alfiansyah berkata:

    bisa tag in gambarnya gk gan?? ane kena error 3194. ane gk ngerti caranya

  59. Mautauaja berkata:

    Salam kenal.
    Dua hari lalu saya berhasil upgrade ke iOS 4.3 melalui MacBook Pro. Anehnya sewaktu saya mencoba upgrade melalui PC yang menggunakan os genuine dan telah update versi iTunes-Safari-Quicktime secara online, menemui kegagalan. Namun melalui MacBook tidak ada masalah.
    Dan yang paling “menyebalkan” dalam proses update ini adalah menunggu waktu download file iOS sebesar 600Mb dan sepertinya harus melalui iTunes saja. Fiuh.
    Untuk coba2 download menggunakan aplikasi IDM, tidak tau linknya. Ya sudah, kita nikmati waktu menunggu :).

  60. Skeleton_rey619 berkata:

    aq dah upgrade tp koq malah eror katanya kartu yg aq pake gag valid gmn neh brade?

    • Anonymous berkata:

      Saya belum pernah mengalami error seperti itu, tetapi tampaknya iPhone anda
      bukan merupakan iPhone yang FU (factory-unlocked), melainkan hanya SU
      (software-unlocked). Silakan coba (1) Googling tentang cara melakukan
      software-unlock pada iOS 4.0, atau (2) silakan ke penyedia jasa jailbreak
      iPhone/iPod/iPad terdekat untuk berkonsultasi.

      iPhone 3GS saya sendiri (yang saya gunakan pada panduan ini) adalah FU
      (factory-unlocked).

  61. rendy indrawan berkata:

    gan ane mau tanya koq iphone ane trus2an kluarin connect to itunes…
    trus tiap ane connect ke itunes dy blg no simcard trus…
    gmn tuh gan???

    • Anonymous berkata:

      Kemungkinan iPhone anda termasuk Software Unlocked (SU), sehingga saat
      upgrade firmware, SU-nya hilang dan SIM card anda tidak terdeteksi.

  62. arkeys berkata:

    halo mau tanya…
    kalo iphone 3g diupdate ke os 4, bedanya apa aja ya sama os sebelumnya? kan ngga bisa multitasking, wallpaper homescreen, dll..

  63. Dicky_coolz berkata:

    saya mau tanya kak…tolong dibantu…iphone saya 3gs…sudah iOS 4.2.1 nah pas saya colok ke itunes(v.10) ternyata minta update lagi…dan saya update lalu stlh seperempat lagi malah eror…nah ini terulang berulang x..sampai saya mau downgrade pun jg tetap sama…eror… :( apakah ada solusi nya kak??

  64. Budi_civic berkata:

     saya punya ipod classic 160gb kq gx ke nampil device nya di itunes ??
    trus saya buka folder nya dya minta parameter yach ??
    solusinya gmn bro ,,,,,,,
    thx

  65. Cobain43_aussie berkata:

    saya punya iPhone 3g Dan saya mau upgreat ke versi 4.1 yg disediakan oleh iTunes versi 10,setelah saya upgreat disuruh download iTunes versi 10.2,apa yg harus dilakukan biar tidak download lagi iTunes???

  66. Khs berkata:

    bro mhn bantuan ni.
    Iphone 3g apple saya di update tp eror, waktu saya sambungkan lg ke usb mau di restore gak bisa nyambung, pesannya karena SIM carnya gak ke baca. Mhn masukannya

  67. Dianandhistapratiwi berkata:

    Mau tanya, sy kan Pke iPhone 4 wktu awal pmakaian klo update status di Facebook webnya kliatan klo Pke iPhone … Tp kok skg udah jadi updatetan web selular yah???… Hehe… kira2 msalahx dimana yah?? .. hehe mksih sblumx …

    • Anonymous berkata:

      Setahu saya, hal ini disebabkan oleh aplikasi Facebook itu sendiri, karena saat ini semua aplikasi Facebook untuk perangkat mobile apapun dikategorikan sebagai “Mobile”.

  68. Ogghie berkata:

    saya mau nanya nih. td baru download. trus mau update keluar peringatan kalau gak kompatibel. saya pake IPOD 3GS 3.1.3

  69. Ewayamiko berkata:

    gannnn,ane dah coba yang langkah ke 5 : Tahan tombol Shift (pada Windows) atau Option/Alt (pada Mac) lalu klik “Check for Update” (atau “Update“), nanti akan muncul opsi untuk memilih berkas firmware.
    tp kok uda diteken shiftnya di windows, tombol check for updatenya jg msh burem siii,alias gak bisa,gmana yaaa??
    hrs teken shiftnya berapa lama lg??

  70. Ewayamiko berkata:

    iTunes versi 10.2.1 gan.
    na abis di klik devicenya tapi layar sebelahnya malah ada tulisan “The sim inserted in this iPhone does not appear to be supported” gt gan.
    gmana lg yaa??? mohon pencerahannya,uda buntu ni gan

    • Anonymous berkata:

      Anda pakai sistem operasi Windows atau OSX?
      iPhone yang anda gunakan versi 3G, 3GS atau 4?
      Saat ini anda menggunakan firmware versi berapa?

  71. Ewayamiko berkata:

    Saya pakai Windows 7 gan.
    iPhone saya 3G.
    firmware ipsw yg saya download adalah 4.2.1 8C148 gan.
    sebelumnya memang iPhone saya ini SU.
    Selanjutnya, apa yg saya hrs lakukan lg ya gan??

    • Anonymous berkata:

      Setahu saya, performa iOS 4 pada iPhone 3G tidak begitu meyakinkan.
      Di samping itu, saya juga tidak tahu bagaimana cara upgrade iOS dengan iPhone yang SU.

  72. Ridwan berkata:

    saya dah coba beberapa kali untuk mengupgrade iphone os 312 ke 4.0.. tapi kenapa tidak bisa-bisa kenapa ya

    • Anonymous berkata:

      Apakah iPhone anda 3G, 3GS, atau 4? Apakah SU (Software-Unlocked) atau FU (Factory-Unlocked)? Versi iTunes berapa yang anda gunakan? Sistem operasi apa yang anda gunakan? Error apa yang anda dapatkan saat melakukan upgrade firmware tersebut?

  73. Barbel_princes berkata:

    mau tanya gan

    saya sudah mengikuti langkah 
    Proses Update Firmware
    pada langkah 4,5,6 saya bingung

    ketika saya pilih update ataupun restore selalu terjadi eror
    eror #3194

    kemudian saya sudah mengukuti langkah solusi dari andaSolusi Upgrade ke iOS 4 bagi yang mengalami Error #3194 daya membuka hosts menggunakan notepad dan menambahkan angka2 tersebut, kemudian saya savenamun ketika saya tekan shift di uptades maupun di restoresaya tidak pernah berhasildi langkah mana saya yg salah ya?hampir putus asa saya, hehehehehemohon bantuannyaterima kasih 

  74. Riski Eka Hendrianto berkata:

    ipod touch saya ios 4.3.3.

    niat ny saya ingin restore, gmn tuch cara nya?

  75. Vni_dloser berkata:

    saya mau upgrade, tpi kok error mulu ya? tlg bntuannya….

    • Anonymous berkata:

      Errornya seperti apa? Biasanya hal ini disebabkan oleh file untuk update tersebut corrupted. Coba unduh ulang semua file nya.

  76. Vni_dloser berkata:

    udah saya download utk k2 kliny (firmware) tpi tetep aj eror… eror 3104 gt. sy udh nyoba pake redsn0w jg g bs… ap mgkin krn sy pake notebook y jd g bs?

    • Anonymous berkata:

      Coba anda pindah port USB tempat anda memasang kabel USB iPhone anda, misal dari port sebelah kiri ke sebelah kanan pada notebook anda.

  77. Wangke_79 berkata:

    cara download firmware dan d mana bisa di download.

  78. Eddypw berkata:

    gimana kita bisa tau iphone 3G kita itu FU atau SU? apa ada tanda/keterangan/kode yg khas di iphone yg bisa kita lihat?

    • Anonymous berkata:

      Setahu saya, kalau anda masuk ke Settings | General | Network, kalau ada opsi Cellular Data [ON/OFF] dan Cellular Data Network (untuk konfigurasi mobile internet), maka seharusnya iPhone tersebut FU.

  79. Eddypw berkata:

    Wah makasih atas infonya. Iya di iphone 3G saya ada Cellular Data Network, tapi gak ada Cellular Data [On/Off].

  80. Eddypw berkata:

    Mas Haris, wah untuk upgrade ternyata harus hati2 juga ya. Yang sebenarnya saya inginkan dari iPhone 3G cuma cukup kalo kita jalankan beberapa aplikasi social networking seperti Yahoo Messenger dll lalu ada pesan masuk kita langsung tau. Polanya seperti BB lah, kalo ada pesan YM dll masuk kita khan langsung tau dari indikator lampu yg berkedip. Jadi semua indikator beberapa social networking bekerja pada saat yg sama. Itu termasuk multitasking juga ya? 

  81. Oosmengil berkata:

    bozz clo update  hp.a ga d mati”n dulu…ga bisa zch???
    soal.a hp iphone aq ckrg ga bisa….mhon d bri tau dgn jwlas bozz

    • Anonymous berkata:

      Memang pada saat proses update dilakukan, anda tidak perlu mengutak-utik iPhone anda, apalagi mematikannya. iTunes pada PC anda akan otomatis melakukan instalasi dan me-restart iPhone anda beberapa kali pada saat proses update firmware berlangsung.

  82. Tepatepo berkata:

    kalo pakek itunes 10.0 bisa gak gan?

  83. ndo berkata:

    saya lagi nyobain update os 3.1.3 ke 4.0 tapi malah muncul error 3194, trus saya masuk ke recovery eh malah cek for updates nya gak bisa di klik….. udah pake shift klik juga gak bisa…. ada pencerahan gak mas??? makasih

  84. Deny berkata:

    saya pakia iphone 3gs version 3.1.1…dan pakai YM oke…kemudian YM sy upgrade..via PC…setelah itu iphone 3gs menolak install YM…alasan minta versionnya dinaikan….krn sy pakai modem u/ upgrade version 5..menghabis wktu lama….yg jdi pertanyaan sy…apakah YM nya diturunkan versionny?klo ada YM version brp yg tepat u/ iphone 3gs…terimakasih banyak mohon pencerahannya..krn sy cuma pemakai…

  85. nikky berkata:

     iphone 3gs saya, berhasil upgrade ke firmware 4.0 tapi jadi tidak ada jaringannya, jadi ga bisa nelpon, sms, internet.. tolong dong, ada solusi tidak? thanks before..

    • Anonymous berkata:

      Kemungkinan besar iPhone 3GS anda menggunakan software-unlock (SU), sehingga saat anda melakukan upgrade, SU ini hilang. Silakan coba konsultasikan ke tempat anda membeli iPhone 3GS tersebut, atau anda bisa cari solusinya di Google dengan keywords “ios 4″ dan “software unlock”.

  86. wth berkata:

    apakah ihone 3GS saya SU atau FU? di settings,general,network saya ada option celullar data on/of, tapi saat saya berhasil menupgrade dari firmware 3.1.2 ke 4.0, iphone saya tidak bisa men-unlock sim cardnya alias tidak ada jaringan sama sekali.. mohon bantuannya gan, makasih.

    • Anonymous berkata:

      Kelihatannya iPhone anda SU.
      Seharusnya jaringan langsung otomatis terdeteksi setelah upgrade dan SIM card telah dimasukkan ke iPhone.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s